Subscribe to Marketing Chauvinist
Subscribe to Marketing Chauvinist
Subscribe to Marketing Chauvinist by mail

sales Sebelum menawarkan produk atau jasa kita ada baiknya kita memikirkan terlebih dahulu ap yang dikatakan oleh Tung Desem Waringin sebagai USPS.

USPS merupakan akronim dari:

U = Ultimate Advantage, yakni keuntungan atau kelebihan apa yang kita miliki dibanding pesaing kita, baik dari sisi feature maupun benefit. Kelebihan yang hanya ditawarkan oleh kita saja. Misal, ultimate advantage dari Domino Pizza yang pernah menawarkan pengantaran pizza tidak lebih dari 30min atau Anda akan mendapatkannnya gratis. Hal itu merupakan ultimate advantage dari Domino Pizza karena tidak ada pesaingnya yang memiliki advantage seperti itu.

Berbeda dengan misalnya jasa penerbangan yang menekankan pada jumlah penerbangan 5x ke Pontianak. Kalau misalkan maskapai tersebut hanya satu2nya penerbangan ke Pontianak, maka itu merupakan ultimate advantagenya. Namun, apabila maskapai lain juga terbang ke pontianak sebanyk 7-8x, maka penerbangan 5x tidak lagi menjadi ultimate advantage.

S = Special Offers, yakni apa yang kita tawarkan kepada calon pembeli. Mengapa mereka harus membeli dari kita? Dan mengapa harus sekarang? Ciptakan special offers yang luar biasa sehingga pembeli akan merasa goblok sekali jika tidak membeli sekarang. Tentukan jangka waktu berakhirnya special offers, sehingga pembeli tidak akan menunda-nunda keinginannya untuk membeli.

Contoh dari special offers misalnya ada sebuah maskapai penerbangan yang mengeluarkan program “Cukup tambah 1 dolar untuk menginap di hotel bintang 4 Singapore” apabila terbang ke Singapore dengan jasa penerbangan kami. Rasanya goblok bgt menolak untuk membayar 1 dolar klo memang Anda ingin menginap di sana.

P = Powerfull Promise, yakni apa yang Anda berikan sebagai janji atau garansi. Mengapa dia harus percaya kepada Anda? Berikan janji yang kuat dimana pelanggan akan merasa tidak ada ruginya apabila dia mencoba. Contoh garansi yakni “Apabila Anda tidak puas dengan produk kami dalam 3bulan, Anda dapat menukarkannya kembali dengan uang yang Anda keluarkan tanpa potongan ap2 dan kami juga tidak akan menanyakan alasan Anda mengembalikan produk kami.” ato “Apabila ada yang lebih murah, kami ganti selisihnya 36x lipat.”

S = Something Shocking, yakni sesuatu yang menarik dan unik. Kita semua akan menjadi imun dengan sesuatu yang ‘biasa’ dan ‘lazim’, sehingga kita tidak akan mempedulikannya lagi. Oleh karena itu, untuk menarik perhatian, kita harus mengeluarkan sesuatu yang sensational. Sesuatu yang sensasional juga akan menjadi cerita yang diteruskan dari mulut ke mulut.

Contoh something shocking yakni “Gratis Mua Operator” atau “Telp Gratis 24jam”. Selama hal ini merupakan yang pertama kali, tentunya akan sangat menarik. Namun, lama kelamaan mungkin saja hal ini diikuti pesaing, sehingga tidak ‘unik’ lagi. Oleh karena itu, something shocking perlu diupdate sesuai perkembangan pesaing.

Pastikan USPS di atas tergambar dalam headline Anda. Karena 80% dari pembeli hanya membaca headline Anda. Apabila, headline Anda tidak menarik sama sekali, maka kemungkinan Anda akan kehilangan 100% pelanggan Anda. Loh mengapa 100%?? Bukannya hanya 80% yang membaca headline saja? 100% yah karena 20% sisanya bahkan tidak membaca sama sekali!

Lakukan tes dengan headline yang telah Anda buat. Untuk permulaan, keluarkan budget minim terlebih dahulu. Anda bisa mengetes varian lokasi iklan, judul headline, ukuran iklan, dan frekuensi, dan banyak iklan. Lakukan tes2 seperti ini terus menerus, karena perbedaan 1 huruf dalam headline saja kadang bisa memberikan hasil yang sangat jauh berbeda!

Apabila memasang iklan di majalah, biasanya lokasi yang paling mahal secara berturut2 adalah cover depan, cover belakang, cover depan dalam, cover belakang dalam, dan tengah majalah. Menurut penelitian, iklan yang baik adalah yang berada di kanan dan atas. Namun, mungkin berbeda untuk negara yang menulis dari kiri ke kanan, seperti Arab dan China. Atas lebih baik karena kecenderungan manusia untuk melihat dari atas ke bawah.

Kalau begitu, mengapa cover depan dalam yang terletak di kiri malah mahal. Hal ini semata-mata hanya karena kertasnya glossy lebih mahal? Mungkin saja!? Jadi, sebaiknya Anda tes terlebih dahulu apa yang terbaik bagi Anda. Selain itu, frekuensi lebih baik dari ukuran. Drpd memasang iklan 2 halaman full, lebih baik memasang iklan2 kecil secara tersebar dengan variasi headline, layout, dsb.

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Meningkatkan Penjualan Sampai 31.500% !!?"

Post a Comment

Followers